Cara Melakukan Factory Reset Pada Windows 10

Terdapat banyak alasan mengapa pengguna harus mengatur ulang perangkat Windows 10 ke pengaturan pabrik atau factory reset. Salah satunya untuk menghapus informasi dari perangkat ketika pengguna ingin menjualnya.

Pengguna juga dapat ingin mengatur ulang perangkat untuk membersihkan perangkat untuk penggunaan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, Microsoft telah menyediakan opsi yang cukup sederhana supaya dapat melakukan factory reset Windows 10 secara efesien.

Untuk memulai factory reset, pengguna harus dapat mengakses alat pemulihan Windows atau Windows Recovery Tool dengan menekan tombol Windows untuk membuka pilihan pencarian Windows. Setelah itu anda hanya perlu mengetik kolom pencarian ketik “Reset” yang dimana dipilih “Reset this PC”.

Cara Melakukan Factory Reset Pada Windows 10

Jika cara diatas sulit, maka anda dapat menekan Windows key + X dan memilik menu Pengaturan pada menu pop-up. Berikutnya anda pilih Perbarui & Keamanan pada jendela baru kemudian Pemulihan pada menu yang berada di navigasi sebelah kiri.

Jika anda memilih dari alat pemulihan maka anda harus menemukan menu “Reset this PC”. Nantinya dibagian bawah, pengguna akan melihat tombol “Mulai”.

Klik tombol tersebut dan sebuah jendela akan muncul meminta pengguna untuk “Simpan File Saya” atau “Hapus Semuanya”. Untuk factory reset, pilih “Hapus Semuanya”. Akan tetapi pengguna yang hanya ingin me-refresh perangkat dan menyimpan file maka dipilih “Simpan File Saya”.

Setelah pengguna memilih pilihan yang diinginkan, Windows akan menyiapkan semua yang diperlukan untuk melakukan pengaturan ulang. Jika pengguna memilih untuk menghapus semuanya, Windows akan memunculkan pop-up kali lagi yang dimana akan muncul pilihan menghapus semuanya menggunakan opsi “Just Remove My Files” atau menggunakan opsi “Remove Files and Clean Drive” untuk membuat Windows menghapus drive sekaligus.

Opsi terakhir merupakan opsi paling aman karena membuat orang lain untuk memulihkan data dari perangkat pengguna. Jika perangkat memiliki beberapa drive maka Windows juga akan memberikan opsi apakah akan menghapus semuanya atau hanya ingin menghapus drive dimana file sistem Windows di instal.