Facebook Akan Ganti Nama WhatsApp Dan Instagram

Facebook yang menjadi perusahaan induk dari WhatsApp dan Instagram mengumumkan akan mengganti nama dari kedua platform aplikasi media sosial tersebut. Pihak Facebook melalui juru bicaranya mengonfirmasi kabar penggantian nama dari WhatsApp dan Instagram.

Perubahan nama kedua aplikasi ini pertama kali disebutkan oleh seorang jurnalis dari The Information yang kemudian di konfirmasi oleh juru bicara dari Facebook.

Menurut juru bicara Facebook, nama WhatsApp dan Instagram nantinya akan menambahkan embel kata “From Facebook” di belakang WhatsApp dan Instagram. Perubahan nama tersebut bertujuan untuk memperjelas kepemilikan Facebook atas kedua aplikasi tersebut.

Facebook Akan Ganti Nama WhatsApp Dan Instagram

“Kami ingin memperjelas produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook,” kata juru bicara tersebut. Nantinya nama WhatsApp akan menjadi “WhatsApp From Facebook” dan Instagram menjadi “Instagram From Facebook”/

Walaupun demikian, nama WhatsApp dan Instagram yang akan muncul pada perangkat nantinya akan tetap sama seperti sebelumnya tanpa adanya penambahan “From Facebook” pada bagian belakang.

Nama baru ini akan digunakan pada toko aplikasi pada sistem operasi Android dan iOS.

Facebook sendiri beberapa waktu diminta untuk mengurangi dominasi di ranah media sosial dengan memisahkan layanan antara WhatsApp dan Instagram karena dianggap telah melakukan pratek monopoli. Hal tersebut diutarakan oleh salah satu pendiri dari Facebook, Chris Hughes.

Menurut Hughes, Komisi Perdagangan AS harus menegakkan hukum anti-trust dengan membatalkan akuisisi dari Instagram dan WhatsApp yang dilakukan oleh Facebook.

Instagram dan WhatsApp saat ini dibawah kendali dari Facebook yang sama-sama telah menjadi salah satu raksasa di industri digital sehingga membuat dominasi dari Facebook di ranah sosial semakin kuat.

Publik pun dipaksa secara tidak langsung untuk menggunakan produk yang dimiliki oleh Facebook dikarenakan tidak ada aplikasi sejenis yang dapat bersaing dengan WhatsApp dan Instagram.

Menurut Hughes, FTC telah melakukan kesalahan besar karena memberikan lampu hijau bagi Facebook untuk melakukan Instagram dan WhatsApp.

Efeknya adalah Facebook semakin kuat dan sulit untuk disaingi oleh kompetitor seperti Snapchat dan Twitter.

“Kalau tidak mengakuisisi pesaing, Facebook melakukan monopoli dengan menggulung kompetitor atau menjiplak teknologi yang mereka gunakan dan miliki,” jelas Hughes.