Layanan Jaringan Telekomunikasi Di Papua Sudah Berangsur Pulih

Kerusuhan yang merebak di beberapa wilayah di Papua menyebabkan beberapa layanan operator seluler mengalami gangguan termasuk salah satunya adalah Indosat Ooredoo.

Layanan yang terputus adalah layanan SMS dan telpon. Terputusnya layanan tersebut disinyalir disebabkan oleh putusnya aliran listrik ke menata pemancar sinyal atau BTS.

Saat ini layanan Indosat telah kembali normal dan sudah daapt digunakan oleh para pengguna di Papua. Hal ini disampaikan oleh SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk.

Layanan Jaringan Telekomunikasi Di Papua Sudah Berangsur Pulih

Walaupun layanan sudah kembali normal akan tetapi, Indosat masih memberlakukan pembatasan layanan data atau internet yang dimana mengikuti arahan dari pemerintah yang dikeluarkan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kan akan terus melanjutkan pembatasan sesuai dengan instruksi Kemenkominfo yang bertujuan untuk memulihan situasi di Papua,” kata Turina.

Selain Indosat, XL juga mengalami gangguan yang sama dikarenakan terputusnya sambungan listrik ke BTS. XL sendiri menjelaskan bahwa mereka telah berupaya untuk memulihkan jaringan dengan menggunakan genset ke BTS utama yang berada di sekitar lokasi.

Provider plat merah yaitu Telkomsel juga mengalami pemutusan yang sama akan tetapi dengan penyebab yang berbeda yaitu karena masalah adanya gangguan para jaringan kabel serat optik.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah menyatakan bahwa pemutusan sambungan telepon dan SMS tersebut bukanlah kebijakan pemerintah melainkan adalah gangguan pada operator karena pembatasan dilakukan hanya untuk layanan data atau internet.