Ryzen 5 3500 Disebutkan Siap Untuk Merebut Pasar Low Budget Dari Intel

Berita mengenai AMD yang telah bersiap dengan Ryzen 5 3500 kelihatannya tidak bisa disebutkan sebagai sebuah isapan jempol. Terbaru adalah pembocor perangkat keras komputer membocorkan spesifikasi dari CPU yang dimana akan membuat Intel cukup panas dingin.

Berita tersebut dari akun Twitter @tum_apisak yang sudah banyak memberikan bocoran mengenai hardware komputer sebelum perilisan.

Ryzen 5 3500 inid disebutkan merupakan prosesor dengan 6 inti dan 6 thread yang berarti tidak ada thread yang berjalan secara simultan pada satu inti. Prosesor ini memiliki kecepatan mencapai 3,6 Ghz dan dapat ditingkatkan hingga 4,1 Ghz. Spekulasi sebelumnya juga mencantumkan bahwa prosesor ini membutuhkan daya sebesar 65 watt yang mana cukup masuk akal karena sebagian besar prosesor AMD saat ini berjalan dengan penggunaan daya berkisar di angka 65 watt.

Ryzen 5 3500 Disebutkan Siap Untuk Merebut Pasar Low Budget Dari Intel

Ketika AMD pertama kali mengumumkan lini produk Ryzen 3000, prosesor ini diperkirakan tidak akan menjangkau pasar low budget sehingga dapat disebutkan bahwa prosesor Ryzen 5 3500 ini akan berada di bawah Ryzen 5 3600 yang merupakan prosesor termurah dengan dilengkapi 6 inti dan 12 thread tetapi dengan penggunaan daya dan kecepatan yang sama walaupun kecepatan dapat ditingkatkan hingga 4,2 Ghz.

Ryzen 5 3500 ini diprediksi memiliki harga mencapai 199 dollar AS yang dimana membuat produk baru ini dapat lebih dijangkau oleh para konsumen.

AMD mungkin akan mencoba menekan harga prosesor hingga mencapai 150 dollar AS atau angka dimana Ryzen 5 3500 dapat berkompetisi secara seimbang produk Intel yang populer i5-9400 yang juga 6 inti dengan kecepatan yang dapat ditingkatkan hingga 4,1 Ghz walaupun dengan kecepatan standard awal yang lebih rendah yaitu 2,9 Ghz.

Prosesor Intel i5-9400 sendiri dibanderol dengan harga yang lebih tinggi yaitu 180 dollar AS walaupun terdapat versi yang lebih terjangkau yaitu 9400F seharga 150 dollar AS akan tetapi tanpa disertai dengan kartu grafis yang teintegrasi dengan prosesor sehingga pengguna membutuhkan kartu grafis independen terpisah.

Jadi secara teori AMD akan mencari harga kompetitif untuk chip ini supaya dapat melawan i5-9400 bahkan i5-9500 walaupun 9500 menghadirkan spesifikasi yang lebih baik pada kecepatan yang dapat ditingkatkan hingga 4,4 Ghz.

Namun, Tom’s Hardware mencatat bahwa terdapat kemungkinan Ryzen 5 3500 akan menjadi penerus dari Ryzen 5 2500X dan hal ini menyebabkan prosesor ini hanya tersedia untuk OEM. Dengan kata lain, prosesor ini mungkin hanya dapat ditemukan di PC yang pra-build daripada membelinya secara terpisah.

Diharapkan bahwa kabar tersebut tidak akan benar karena merupakan hal yang luar biasa jika terdapat produk dari seri Ryzen 3000 yang berada pada pilihan low budget sebagai sebuah produk yang mandiri.

Jika prosesor ini benar-benar dihadirkan maka dipastikan prosesor ini akan menjadi ancaman serius bagi produk Intel karena pertarungan performa tidak hanya terjadi pada kecepatan murni. AMD Rzyen 5 3500 dikabarkan memiliki cache yang lebih besar dari i5. Aristektur AMD Zen 2 menawarkan peningkatkan dan beberapa fitur lainnya seperti dukungan PCIe 4.0.