AMD Tambahkan Fitur RIS Pada Kartu Grafis Seri RX 400 Dan RX 500

Salah satu dari perangkat lunak yang paling menarik dari Radeon RX 5700 series akan diperluas untuk produk kartu grafis lain yang dimiliki oleh Radeon. Edisi terbaru dari AMD Radeon Software Adrenalin 2019 19.9.2 dirilis untuk menambah dukungan untuk fitur dari Radeon Image Sharpening untuk Radeon RX 470, 480, 570, 580 dan 590 yang merupakan produk kartu grafis mainstream.

“Radeon Image Sharpening menggunakan algoritma untuk membuat penajaman semakin baik pada area yang dibutuhkan, mengurani keburaman yang dapat keluar ketika aktivitas metode anti-aliasing ataupun menjalankan game pada resolusi yang lebih rendah daripada resolusi maksimal dari layar yang digunakan,” tulis Radeon di situs resmi mereka.

AMD Tambahkan Fitur RIS Pada Kartu Grafis Seri RX 400 Dan RX 500

Secara praktek, Radeon Image Sharpening memberikan gambar dimana pengguna menaikan ataupun penurunkan resolusi dari game melewati resolusi default dari monitor. Sapphine memasang teknologi ini sebagai bagian yang luar biasa pada Trixx Software untuk Pulse Radeon RX 5700 yang secara efektif membuat monitor dapat menggunakan resolusi dibawah dari resolusi bawaan monitor dengan tujuan frame rates yang lebih tinggi ketika bermain game, setelah itu menggunakan Radeon Image Sharpening memastikan semuanya tetap tampil dengan tajam. Ujicoba hardware juga menunjukan bahwa RIS berhasil tampil lebih baik dari teknologi yang dimiliki oleh Nvidia yaitu Deep Learning Super Sampling yang dibuat khusus untuk RTX 20 series.

Radeon Image Sharpening juga memiliki beberapa dukungan dan lebih jauh adalah dengan fitur Polaris. Fitur ini akan bekerja dengan game DirectX9, DirectX12 dan Vulkan pada Radeon RX 5700 GPU. Hal ini berarti bahwa RIS tidaklah bekerja di DirectX11 yang merupakan API gaming yang paling banyak digunakan dan kartu grafis terbaru dari RX 400 dan 500 series tidak dapat menjalankan fitur ini walaupun menggunakan DirectX9. Lebih jauh, teknologi RIS diharapkan dapat terus melebarkan kapasitas yang dimiliki untuk merespon Nvidia yang tengah mengembangkan filter penajaman gambar terbaru.

Driver baru ini juga memperbaiki beberapa celah yang telah membuat banyak pengguna AMD kecewa. Yang paling dikenal adalah Enhanced Sync yang dapat telah dapat bekerja pada GPU Radeon RX 5700 dan V-Sync yang telah dapat bekerja baik dengan monitor FreeSync yang memiliki Refresh Rates 75hz.