Huawei Pamerkan Implementasi Jaringan 5G Untuk Komersil

Huawei mendukung pengembangan ekonomi digital di Asia Pasifik dengan mengimplementasikan penggunaan teknologi 5G yang diprediksi akan dapat mendorong perkembangan industri ke arah otomasi dan digitalisasi.

Pada pergelaran Huawei Asia Pasific Innvoation Day ke-5 yang berlokasi di Chengdu, China, Direktur Huawei dan Presiden Institut Riset Strategis Huawei William Xu mengatakan bahwa 5G hadir di waktu yang tepat dengan jangkauan dan bandwidth yang lebih besar serta latensi yang rendah.

“Teknologi 5G ini membuat penerapan pada berabgai skenario yang kompleks untuk industri,” katanya.

Dengan menggunakan teknologi 5G yang sudah maju, akan ada banyak skenario untuk dapat memanfaatkan teknologi 5G yang sanggup mengubah dunia.

Huawei Pamerkan Implementasi Jaringan 5G Untuk Komersil

“Dalam waktu bersamaan, teknologi juga akan dapat mengubah gaya hidup manusia, sekaligus membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik,” jelasnya.

William Xu mengatakan bahwa keunggulan Huawei pada teknologi 5G yang dibuktikan dengan 50 kontrak komersil implementasi 5G diseluruh dunia.

“Kami telah melakukan investasi untuk 5G sejak 2009 lalu yang dimana ketika 4G masih baru diimplementasikan secara komersil dengan angka investasi mencapai 4 miliar dollar AS selama 10 tahun terakhir. Selain itu, kami juga berinvestasi secara mendalam pada berbagai aspek teknologi mulai dari cip, material hingga algoritma. Hal ini membuat teknologi Huawei untuk 5G tetap unggul,” jelasnya.

Kawasan Asia Pasifik menjadi yang terdepan dalam penggunaan teknologi 5G yang mana Korea Selatan menjadi negara pertama menggelar 5G untuk kebutuhan komersil. Sejak implementasi 5G pada April lalu, jumlah pengguna dari 5G tersebut telah menyentuh 2 juta pengguna.

Sementara itu negara lain seperti China juga tengah melakukan uji coba jaringan 5G secara komersil berskala besar di Beijing, Shanghai, Shenzhen, Guangzhou dan Chengdu.

Pada pameran ini, operator China Mobile untuk Sichuan bekerjasama dengan Huawei meluncurkan jaringan 5G stereo yang mencakup lapisan jaringan standard untuk dapat membagi pengalaman seamless 5G secara penuh.

Sebagai tambahan, Huawei juga memamerkan beberapa skenario implementasi teknologi 5G seperti realitas virtual dengan basis 5G, streaming yang memiliki resolusi 8K, 5G telemedicine dan 5G ambulans.

Lebih dari 200 peserta yang menghadiri acara ini mulai dari pihak otoritas, industri, akademik dan media yang dimana saling berbagi pandangan mengenai regulasi, kebijakan dan digitalisasi industri.

Sejak 2013, Huawei Innovation Day telah digelar di beberapa kota besar di dunia seperti London, Milan, Munich, Singapura, Paris, Kuala Lumpur, Dubai, Sao Paolo dan Bangkok.