Intel Kembali Potong Harga Untuk Core i Serie Generasi Ke-9

Intel secara resmi telah mengumumkan potongan harga untuk produk prosesor seri Core generasi kesembilan yang mereka milki. Tidak ketinggalan, mereka juga memperkenalkan prosesor Seri X-10 dan juga Seri Xeon W-2200 yang baru.

Ini adalah kali kedua dari Intel yang melakukan potongan harga pada waktu kurang dari satu minggi. Pemotongan harga ini bisa jadi menjadi langkah Intel untuk dapat bersaing dengan rival berat mereka, AMD yang dimana memiliki prosesor yang lebih murah pada tingkatan yang sama.

Potongan harga ini berlaku untuk semua produk CPU Core Gen 9 yang tiadk memiliki GPU terintegrasi didalamnya. hal ini berarti prosesor dengan seri KF dan F akan memiliki potongan harga yang cukup besar.

Core i9-9900KF sebagai contoh akan memiliki harga sekitar 468 dollar AS di pasaran sedangkan Core i3-9100F akan dijual dengna harga 97 dollar AS.

Pada saat bersamaan, Intel juga mengumumkan jajaran baru dari Xeon W-2200 yang didesain dengan berdasarkan pada Intel Cascade Lake-X yang menggunakan soket LGA-2066. Prosesor ini akan memiliki varian dari 4 inti hingga 18 inti. Seperti produk Xeon, produk ini memiliki target pasar server, enterprise dan datacenter.

Intel Kembali Potong Harga Untuk Core i Serie Generasi Ke-9

Semua anggota keluarga dari Xeon W yang akan akan menawarkan peningkatan jumlah PCIe Lane, mendukung memori EEC, Intel VROC, Thunderbolt 3, Intel Optane SSD 905 dan platform vPro.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perubahan paling besar adalah pada harga untuk seri Xeon W-2295 yang merupakan seri flagship. Seri ini memiliki 18 inti dengan 36 thread. Harga dari seri W-2295 saat inia dalah 1.333 dollar AS.

Terakhir adalah terkait informasi prosesor Intel generasi kesepuluh atau Gen X-series. Keluarga prosesor ini akan menyediakan empat model yaitu 18 inti, 14 inti, 12 inti dan 10 inti. Pengguna juga dimungkinkan untuk melakuakn overclock dan memiliki dukungan Turbo Core 3.0 yang baru selesai dikembangkan oleh Intel.

Intel Core i9-10980XE akan menjadi unggulan dari prosesor HEDT X-Series yang dimiliki oleh Intel. Prosesor ini menawarkan inti sebanyak 18 buah dan 36 thread dengan kecepatan hingga 3.0Ghz yang dapat ditingkatkan hingga 4,6Ghz pada single core atau 3,8Ghz untuk multi core.

Prosesor ini juga akan memiliki L3 cache sebesar 24,75 MB dengan dukungan lane sebanyak 72 buah, TDP 165W dan dijual 979 dollar AS yang merupakan setengah harga dari i9-9980 XE yang paling mahal di jajaran prosesor desktop Intel.

Keseluruha prosesor ini dijadwalkan akan djual pada bulan depan dan diperkirakan akan semakin memanaskan persaingan dengan AMD Ryzen generasi terbaru yaitu generasi ketiga yang dikembangkan dengan arsitektur Zen 2.